Tips Membuat Persiapan Pernikahan di Rumah

Senin, Februari 24, 2020

Pernikahan di Rumah (Image: berkahcatering)
Tips Membuat Persiapan Pernikahan di Rumah
Membuat persiapan pernikahan di rumah itu tidak boleh sembarangan begitu saja. Karena hal ini nanti akan mempengaruhi proses kelancaran dari acara pernikahan Anda nanti. Bagaimanapun juga, resepsi merupakan puncaknya peristiwa paling bersejarah bagi pasangan pengantin supaya proses pernikahan lebih lengkap. Tak heran bila persiapannya biasanya dilakukan sejak beberapa bulan sebelumnya meskipun pestanya hanya berlangsung beberapa jam saja.
Beberapa hal yang harus disiapkan meliputi dekorasi, pemilihan tempat, tata rias, konsep acara, dan hidangan pestanya. Semuanya harus benar-benar diperhatikan karena merupakan kebutuhan penting di acara resepsi pernikahan Anda. Maka dari itulah dilihat dari manapun, resepsi pernikahan tentunya membutuhkan biaya yang cukup besar. Meskipun sebenarnya biayanya masih dapat disiasati, namun tetap saja persiapannya tidak boleh diabaikan begitu saja.
Tips Melakukan Persiapan Pernikahan di Rumah
Meskipun Anda mengadakan pesta di rumah, namun tetap saja uang menjadi hal yang sangat penting bagi kelancaran pesta pernikahan Anda di rumah. Karena meskipun Anda dapat menghemat biaya untuk menyewa gedung, namun tetap saja masih ada banyak biaya besar lainnya yang menunggu untuk pesta pernikahan Anda. Yang pasti, keuntungan mengadakan pesta di rumah adalah memiliki waktu yang lebih fleksibel. Di bawah ini adalah tips membuat persiapan pernikahan yang diadakan di rumah, antara lain:
Beri Batasan Jumlah Tamunya
Dalam hal ini, Anda harus menghitung berapa banyak kapasitas tempatnya dulu sebelum membuat undangan. Meskipun mengundang teman-teman dan keluarga itu penting, namun tetap perhatikan juga kapasitas lokasinya juga. Jangan sampai kebanyakan mengundang banyak orang karena itu akan mempengaruhi biaya pernikahannya. Selain itu, bila halaman rumah Anda tidak cukup luas, otomatis mengundang banyak tamu bisa mempengaruhi ketersediaan tempatnya.
Maka dari itulah jika mulanya Anda mungkin ingin membuat undangan 500 tamu undangan, cobalah untuk menguranginya menjadi 300 tamu undangan. Sehingga, tempatnya menjadi lebih lega dan budgetnya semakin hemat dan bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang lain.
Bersihkan Rumah dan Lingkungannya!
Sebelum menggelar pesta pernikahan, jangan lupa untuk membersihkan rumah beserta lingkungannya. Karena kebersihan lingkungan rumah bisa mencerminkan seperti apakah Anda. Maka dari itulah buat lingkungan sekitar menjadi lebih bersih supaya para tamu merasa nyaman ketika menghadiri pesta pernikahan Anda.
Mintalah Izin ke RT dan Tetangga
Salah satu poin penting dalam membuat persiapan pernikahan di rumah adalah harus meminta izin kepada RT dan tetangga yang ada di sekitar rumah. Karena nantinya Anda akan menutup akses jalan ke rumah dan sound systemnya yang kencang ketika acara berlangsung, sehingga hal ini bisa mengganggu waktu istirahat para tetangga. Maka dari itulah tidak ada salahnya untuk melibatkan sejumlah tetangga untuk panitia pesta pernikahan Anda supaya semuanya berjalan dengan lancar.
Pasokan Listrik Harus Siap
Listrik merupakan kebutuhan primer di sebuah resepsi pernikahan. Jadi cobalah untuk selalu melengkapi sumber daya listrik dengan baik. Jangan sampai tiba-tiba saja listrik padam saat acara berlangsung. Maka dari itulah tidak ada salahnya untuk menyewa genset untuk mengantisipasi terjadinya pemadaman listrik.
Pilihlah Dekorasi yang Sesuai Selera dan Harus Tepat!
Pernikahan yang digelar di rumah itu harus lebih homey. Jadi jangan terlalu banyak hiasan pada pintu selamat datang dan pelaminannya. Selain itu, jaga sirkulasi udara dan pencahayaan yang cukup. Karena hal ini bisa mempengaruhi kenyamanan para tamu yang datang ke acara pesta pernikahan Anda. Tak hanya itu saja, cobalah untuk menyewa beberapa kipas angin di dalam ruangan dekat kursi tamu agar mereka tidak merasa gerah saat acara berlangsung.
Buat Perencanaan yang Matang!
Sebenarnya tidak masalah Anda ingin menggelar acara pernikahan di rumah ataupun di gedung. Satu hal yang paling penting adalah buatlah persiapan yang matang. Anda harus membuat antisipasi juga terhadap semua hal yang terjadi secara tidak diduga. Misalnya saja seperti datangnya hujan, penataan kursi tamu dan meja yang sempit, dan jumlah tamu undangan yang datang tidak sesuai jumlah undangannya. 
Anda juga harus memastikan kondisi keuangan lancar karena uang adalah salah satu persiapan pernikahan di rumah yang mempengaruhi jalannya pernikahan Anda. Maka dari itulah jika Anda kebingungan mempersiapkan pernikahan Anda, langsung saja kunjungi https://www.cekaja.com/info/intip-persiapan-menikah-mulai-dari-budget-konsep-hingga-kendalanya/ untuk informasi lebih lanjut.



----------------------------- ♥♥♥ -----------------------------
Thankyou for reading, i hope you like it. 
You can also find me at:


piccha@hotmail.co.id

See you on my next post ♥



You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook


Add Line@ : Add Friend

I'm Part Of

Blogger Perempuan kawaibeautyjapan Blogger Babes are Sophisticated Bloggers Seeking Simple Solutions and Support
Indonesian Female Blogger

Subscribe