Ciri-Ciri Pinjaman Online Resmi yang Aman dan Legal

Minggu, Januari 09, 2022


Aplikasi pinjaman uang online kini menjadi andalan banyak orang di saat memiliki kebutuhan mendesak. Apalagi jika aplikasi tersebut menawarkan bunga rendah, tenor panjang, dan cara pengajuannya mudah. Tentu saja, semakin banyak orang yang berminat untuk mengajukan pinjaman online tersebut.
Sayangnya, akhir-akhir ini semakin banyak aplikasi pinjaman ilegal yang meresahkan masyarakat. Selain memberikan bunga besar, pinjol ilegal juga menggunakan cara penagihan yang cenderung kasar serta tidak beretika. Maka dari itu, sangat penting untuk memilih pinjaman online yang resmi agar lebih aman dan nyaman. Lantas, apa saja ciri-ciri pinjaman online resmi yang aman dan legal?
5 Ciri-Ciri Pinjaman Online Resmi yang Aman dan Legal
Agar tidak terjebak pada aplikasi pinjol ilegal, berikut beberapa ciri yang harus Anda perhatikan:
1. Terdaftar dan Diawasi oleh OJK

Salah satu ciri bahwa pinjaman online tersebut aman dan legal adalah telah terdaftar atau mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal ini merupakan syarat mutlak bagi sebuah pinjaman online untuk bisa dikatakan legal saat beroperasi di Indonesia.
Nah, salah satu pinjaman online yang telah resmi memiliki izin dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan adalah Tunaiku. Aplikasi pinjaman online ini dipastikan aman karena merupakan produk dari PT Bank Amar Indonesia Tbk. yang telah mendapat izin resmi dari OJK setak tahun 2014 lalu. Izin ini membuat Tunaiku legal dan aman untuk Anda gunakan.
2. Memiliki Alamat Kantor yang Jelas
Pinjaman online yang aman dan legal juga harus memiliki alamat kantor yang jelas. Perlu diketahui bahwa pinjaman online abal-abal atau ilegal biasanya memiliki alamat yang tidak jelas. Untuk itu, pastikan Anda mengecek terlebih dahulu mengenai alamat dari pinjaman online tersebut.
Dengan mengetahui alamat kantor resmi dari pinjaman online tersebut, maka Anda juga bisa lebih mudah untuk bertemu dengan perwakilan perusahaan pinjaman online tersebut. Misalnya jika ingin menyampaikan keluhan atau ada kebutuhan tertentu,
3. Transparan Mengenai Biaya dan Bunga

 Ciri-ciri pinjaman online yang aman dan legal selanjutnya adalah terbuka mengenai biaya dan bunga. Dengan kata lain, perusahaan pinjaman online tersebut tidak akan menutupi berapa biaya dan bunga yang dibebankan kepada nasabah dari proses peminjaman yang dilakukan.
Biasanya, pinjaman online legal akan menyampaikan informasi mengenai biaya, bunga, dan tenor terlebih dahulu kepada nasabah yang ingin melakukan pinjaman. Hal ini berbeda dengan pinjaman online ilegal yang kurang transparan mengenai bunga dan biaya, sehingga seringkali merugikan nasabah.
Tunaiku sebagai salah satu aplikasi pinjaman online legal tentunya sangat transparan perihal biaya dan bunga. Besaran bunga yang harus ditanggung oleh nasabah hanya sekitar 2–5 % saja. Selain itu, tenor juga sangat fleksibel, yaitu antara 6–20 bulan. Sementara untuk jumlah pinjaman, bisa mencapai Rp. 20.000.000.
4. Mempunyai Situs Resmi
Sebagai perusahaan fintech yang legal, memiliki situs website resmi tentu sudah menjadi sebuah keharusan. Situs resmi dapat menunjukkan bahwa perusahaan pinjaman online tersebut memang aman dan benar-benar serius beroperasi dalam memberikan layanan keuangan kepada masyarakat.
Hal ini berbeda dengan pinjaman online ilegal yang biasanya serta tertutup, sehingga tidak memiliki situs website resmi yang bisa dikunjungi oleh calon nasabah. Oleh karena itu, pastikan untuk melakukan pengecekkan terlebih dahulu apakah pinjaman online tersebut memiliki situs website resmi atau tidak.
5. Memiliki Aplikasi Mobile yang Jelas

Umumnya, perusahaan pinjaman online yang resmi akan mempermudah pelayanan kepada nasabah dengan menghadirkan aplikasi mobile. Dengan adanya aplikasi mobile tersebut, maka segala proses transaksi antara nasabah dengan perusahaan bisa semakin mudah. Melalui aplikasi mobile itu juga nasabah bisa mendapatkan lebih banyak informasi resmi mengenai layanan yang diberikan oleh perusahaan pinjaman online tersebut.
Nah, itulah beberapa ciri-ciri pinjaman online resmi yang aman dan legal. Sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman online di tempat tertentu, pastikan perusahaan tersebut memenuhi lima persyaratan di atas. Jangan sampai mengalami kerugian karena salah memilih aplikasi pinjaman online yang ilegal ya!
 
----------------------------- ♥♥♥ -----------------------------
Thankyou for reading, i hope you like it. 
You can also find me at:


piccha@hotmail.co.id

See you on my next post ♥

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook


Add Line@ : Add Friend

I'm Part Of

Blogger Perempuan kawaibeautyjapan Blogger Babes are Sophisticated Bloggers Seeking Simple Solutions and Support
Indonesian Female Blogger

Subscribe