How To Be a New Beauty Blogger

Sabtu, November 19, 2016

How To Be a New Beauty Blogger
How To Be a New Beauty Blogger

Sudah 5 Tahun aku menjadi Beauty Blogger, tapi baru 1 Tahun aku tekuni dengan serius. Menjadi seorang Beauty Blogger itu sebenarnya gampang, semua orang bisa menjadi Beauty Blogger kalau kalian mau. Tapi harus memiliki komitmen kepada diri sendiri bahwa 'aku' adalah Beauty Blogger. Menulis blog post butuh ide dan waktu ekstra yang kalian perlu siapkan walaupun mungkin kalian sudah sibuk dengan berbagai hal (seperti kerja, sekolah, mengurus rumah tangga, etc). Seperti yang aku udah mention diatas bahwa menjadi Beauty Blogger itu mudah, kali ini aku mau sharing buat kalian yang ingin menjadi Beauty Blogger. Banyak tips bagaimana menjadi Beauty Blogger, tapi kali ini aku akan membahas yang paling dasar:

How To Be a New Beauty Blogger

Mungkin kalau kalian baca post orang bagaimana caranya menjadi Beauty Blogger, pasti kalian sering membaca kalau Beauty Blogger itu harus memiliki kamera DSLR/Mirrorless, Laptop/PC, Lighting, Backdrop/Background untuk foto, dan sebagainya. Kalau tidak punya kamera highend atau tidak punya Laptop bagaimana? Jangan mengurungkan niatmu untuk menjadi Beauty Blogger, karena dengan satu item saja kalian bisa menjadi Beauty Blogger, jadi tidak perlu beli kamera atau laptop kalau kalian belum punya. Cukup dengan memaksimalkan fungsi smartphone dalam kehidupan sehari-hari sebagai Beauty Blogger.

Bagaimana caranya memaksimalkan fungsi smartphone sebagai Beauty Blogger?
Take Photo Menggunakan Smartphone
Take Photo Menggunakan Smartphone
1. Take Photo
Foto itu paling penting sebelum kita membuat konten / blog post. Biasanya aku selalu take photo product sebelum review. Selain photo product aku juga suka selfie untuk before after menggunakan product tersebut. Spesifikasi kamera depan dan belakang pada smartphone sangat mendukung untuk menghasilkan foto yang baik. Beauty Mode pada kamera depan juga membantu untuk mendapatkan selfie photo dengan wajah flawless.
Tips foto menggunakan smartphone: untuk mendapatkan warna yang cerah kalian bisa foto di luar rumah saat pagi atau siang hari, dan background bisa menggunakan karton putih atau keramik putih.

Edit Photo Menggunakan Smartphone
Edit Photo Menggunakan Smartphone
2. Edit Photo
Kalau aku selalu edit foto sebelum di post di blog. Biasanya aku menggunakan aplikasi untuk menambahkan watermark ataupun menerangkan bagian background yang gelap. Untuk aplikasi edit foto di smartphone android aku sering menggunakan: snapseed dan PictArt.

Browsing Menggunakan Smartphone
Browsing Menggunakan Smartphone
3. Browsing
Sebelum membuat konten atau review suatu produk biasanya aku mencari dahulu product knowledge dari official website ataupun melihat review teman-teman blogger lainnya. Bukan berarti kita boleh copy paste langsung loh. Tapi kita hanya mencari referensi saja.

Blogging Menggunakan Smartphone
Blogging Menggunakan Smartphone
4. Blogging
Setelah foto dan konten sudah siap saatnya ngeblog, aku ngeblog menggunakan aplikasi website atau mobile app blogspot. Ngeblog menggunakan handphone tidak ada masalah kok. Dengan menggunakan smartphone kita dapat update blog kapanpun dan dimanapun.

Share and Reply Post Menggunakan Smartphone
Share and Reply Post Menggunakan Smartphone

5. Share and Reply
Saatnya promosi, setiap aku selesai membuat blogpost aku selalu share di media sosial seperti Instagram, Twitter, dan Facebook. Smartphone dapat dengan mudah untuk share link blogpost kita ke berbagai sosial media. Jangan lupa juga untuk membalas komentar atau respon dari responden blog kita.


Agar smartphone dapat digunakan untuk membantu aktifitas kita sebagai seorang blogger tentunya kita harus memilih smartphone yang terbaik. Seperti yang sudah aku sebutkan di atas smartphone dapat digunakan untuk memotret produk, edit foto, browsing konten, blogging, dan share&reply, pastinya kualitas camera, layar, prosesor, dan memory menjadi  aspek yang penting dalam memilih smartphone. Ada dua smarthpone yang dapat menjadi pilihanmu untuk dapat memaksimalkan aktifitasmu sebagai seorang Beauty Blogger. Samsung mengeluarkan smartphone tipe J terbaru yaitu J5(2016) dan  J7 yang memiliki kelebihan yang harus dimiliki oleh 'smartphone blogger'. Apa saja keunggulannya?


1. Camera dan Layar
Dapat menghasilkan foto yang jelas walaupun kondisi penerangan kurang baik dengan lensa F.19. Front Flash dengan LED depan untuk membantu mendapatkan pencahayaan yang baik saat selfie. Palm Selfie, palm recognition yang dapat memudahkan dalam memotret. Beauty Mode, tidak perlu report untuk edit jerawat, bekas jerawat, noda hitam pada wajah karena dengan beauty mode dapat menghasilkan foto dengan wajah flawless. Wide Selfie, dapat mengambil foto dengan latar yang lebih luas. Dan didukung juga dengan layar super Amoled yang dapat menampilkan hasil foto dengan sangat jernih.
  • Fitur Camera :  autofocus, Continuous shooting, Digital zoom, Digital image stabilization, Geotagging, Panorama, HDR, Touch focus, Face detection, White balance settings, ISO settings, Exposure compensation, Self-timer, Scene mode.


2. Memory
Samsung J5 memiliki RAM 2 GB, ROM 16 GB dan dapat di tambah dengan memory eksternal up to 128 GB. Jadi tidak perlu takut akan kehabisan memory untuk menyimpan foto dan hasil edit foto pada smarphone. Dan dengan RAM 2 GB cukup untuk membuka beberapa aplikasi seperti blogspot + picarts+bworser. Apalagi bagi yang suka multitasking, edit foto sambil chatting aau bermain social  media.

3.Jaringan
Untuk browsing pasti perlu koneksi internet yang cepat, saat ini jaringan 4G adalah yang tercepat yang ada di smartphone. Dan smartphone Samsung J4 dan J5 sudah mensupport jaringan 4G. Selain 4G, ada juga koneksi Wi-Fi dengan kecepatan 2,4 Ghz. Jadi kita bisa browsing konten blogger tanpa hambatan.

4.OS Android Terbaru v.6.0 Marshmallow
Pastinya banyak fitur menarik yang ada pada OS Android v.6.0 Marshmallow dibandingkan dengan versi sebelumnya. Tapi yang penting bagi blogger yaitu OS Android memiliki berbagai macam aplikasi yang ada di playstore yang dapat membantu aktifitas kita sebagai blogger. Yang paling penting itu adalah aplikasi blogspot(jika blogger blogspot) atau wordpress (jika blogger wordpress).

5. Baterai
Sebagai seorang blogger, pasti perlu selalu online. Yang paling penting itu sosial media, tiap beberapa menit aku sering cek instagram atau email jika ada  yang komentar di blogku. Alasannya sih agar tidak ketinggalan berita, karena sering ada event-event yang di post di Instagram. Atau juga untuk  like dan komentar di postteman blogger lainnya. Karena itu baterai merupakan hal yang penting untuk 'smartphone nya blogger'. Samsung J5 danJ7 memiliki kelebihan dalam hal kapasitas baterai dengan Li-Ion 3100 mAh untuk J5 dan 3300 mAh untuk J7 yang menurutku sudah sangat besar. Karena masih banyak smartphone yang hanya memiliki kapasitas baterai dibawah 2000 mAh. Dengan 3100 mAh jika menggunakan internet LTE dapat digunakan up to 13 hours.

Selain keunggulan smartphone J5 dan J7 yang sudah aku sebutkan di atas ada beberapa kelebihan lainnya:
Quick Launch
Quick Launch
Quick Launch
Fungsi dari fitur Quick Launch adalah untukmemudahkan penggunanya untuk mengakses kamera. Hanya dengan menekan tombol home 2 kali langsung dapat mengakses kamera. Berguna banget nih untuk blogger yang tidak mau kehilangan momen istimewa yang terjadisecara tiba-tiba.

Smart Manager
Smart Manager
Smart Manager
Fitur Smart Manager yang berfungsi untuk memeriksa dan mengelola informasi status smartphonemu seperti status baterai, ruang penyimpanan, statstik memori dan sebagainya.

Ultra Power Saving Mode
Ultra Power Saving Mode
Ultra Power Saving Mode
Fitur ini sangat penting jika tiba-tiba kita lupa ngecharge handphone dan baterai sudah sekarat tapi kita lagi di acara/ event penting. Tidak perlu khawatir untuk kehilangan panggilan penting karena handphone mati.Tinggal aktifkan fitur Ultra Power Saving, secara dramatis akan mengurangi konsumsi baterai. Jadi handphone dapat bertahan lama walaupun baterai sudah sekarat.

Samsung Galaxy J5 dan J7
Samsung Galaxy J5 dan J7
Jadi bagaimana apakah sudah memiliki smartphone Samsung J5 atau J7? Kalau kalian bingung harus memilih J5 atau J7 aku rangkum persamaan dan perbedaannya. Overall hampir mirip hanya berbeda ukuran saja:

Persamaan J5 dan  J7 (2016) *:
  1. Kamera utama 13 MP yang autofocus dengan LED flash
  2. Kamera sekunder 5 MP dengan LED flash
  3. LTE
  4. Dual SIM
  5. Layar Super AMOLED
  6. Resolusi layar 720 x 1280 pixels
  7. RAM 2 GB
  8. Memori internal 16 GB
  9. Slot microSD
  10. OS Android Marshmallow
  11. FM radio dengan recording
  12. 4 warna pilihan (Rose Gold, Gold, White, Black)

Perbedaan J5 dan  J7 (2016) *:
  1. Ukuran layar 5.2 inch vs 5.5 inch
  2. Densitas layar 282 ppi vs 267 ppi
  3. Prosesor quad core 1.2 GHz vs octa core 1.6 GHz
  4. Baterai Li-Ion 3100 mAh vs Li-Ion 3300 mAh
*source: http://informasisamsunggalaxy.blogspot.co.id/
**aku menggunakan Samsung A5 2015


More info? samsung.com 


Love,

piccha





You Might Also Like

10 komentar

  1. Kak Picha fotonya keren bangetttt XD

    www.skilled-daydreamer.com

    BalasHapus
  2. keduanya di kameranya udah ada fitur HDR belum, kak? soalnya kan kebanyakan beauty blogger seneng pakai fitur HDR untuk foto produk hehe *termasuk aku*

    www.zahratsabitah.blogspot.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah ada donk hehe. Thankyou infonya, blogger suka pake HDR ya? aku tambahkan info fitur camera nya hehe.

      Hapus
  3. aku juga ga punya kamera kece, cuma modal lighting, angle sama smartphone doang. tp ya lumaayan lah fotonya gak burem2 amat ahahaha :D thanks for the tips btw.. fotonya piccha bagus2 :D

    follback jika berkenan yaa ^^
    http://www.fujichan.net/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi ngeblog murni pake kamera hp? wah intip ah blognyaa.
      Thankyou :D salam kenal ya.

      oke aku folback blognya

      Hapus
  4. jadi pingin jadi beauty blogger tapi aku ga pinter moto, n ga fotogenik juga he3..malah curhat bisa ya mbak ngeblog hanya pk hp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, coba dulu dengan hp, ga foto genik bisa di edit dikasih filter atau diterangin biar bagus fotonya :D

      Hapus
  5. Aku juga pake samsung a5 hehe... keren banget fotonya 😍😍😍😍

    BalasHapus

Like us on Facebook


Add Line@ : Add Friend

I'm Part Of

Blogger Perempuan kawaibeautyjapan Blogger Babes are Sophisticated Bloggers Seeking Simple Solutions and Support
Indonesian Female Blogger

Subscribe